BAB I : Konsep Multimedia Interaktif Barbasis Halaman Web dan Media Interaktif


Top of Form
Bottom of Form

A.    Definisi Multimedia Interaktif
Multimedia Interaktif adalah penggabungan antara teks, foto, seni grafis, suara, animasi dan video serta memungkinkan pengguna untuk berinteraaksi dan berkomunikasi dengan produk multimedia. Bagian input, proses dan output dari produk multimedia interaktif tersebut adalah bagian yang perlu dipahami sebelum menjalankannya.
Proyek multimedia merupakan perangkat lunak yang berisi informasi, pengetahuan dan hasil yang ditampilkan dilayar komputer. Sedangkan proyek dapat diedarkan kepada konsumen biasanya dalam bentuk CD atau melalui internet.
Multimedia interaktif dalam bisnis, aplikasi bisnis yang menerapkan multimedia interaktif adalah presentasi, demo produk, data base, katalog dan pemasaran. Multimedia interaktif dalam bidang pendidikan antara lain presentasi, simulasi pembelajaran, CD pembelajaran dan pembelajaran interaktif. Multimedia interaktif dalam bidang rumah tangga antara lain tutorial memasak, mendesain rumah dan pemodelan ulang. Sedangkan multimedia interaktif di tempat umum contohnya informasi yang diletakkan di hotel, stasiun dan mall perbelanjaan.

B.     Konsep Dasar Multimedia Interaktif
Produk multimedia berdasarkan karakteristiknya dibagi menjadi dua kategori yaitu multimedia linier dan multimedia interaktif/non linier. Multimedia Linier adalah produk multimedia yang dimulai dari awal menuju akhir dengan sedikit atau tanpa interaksi dengan pengguna. Sedangkan multimedia interaktif/non linier adanya control dengan pengguna.
Multimedia interaktif adalah adanya pengguna yang bisa berinteraksi dan berkomunikasi dengan system secara baik. Proyek multimedia interaktif menggabungkan antara komponen-komponen multimedia dengan bahasa pemograman sehingga hasil yang didapat dapat berinteraksi dengan pengguna.
·         Level interaktivitas dalam pembelajaran berbasis computer
1.   Umpan balik, merupakan tingkat interaktif yang paling rendah, berkaitan dengan tersedianya umpan balik terhadap tindakan pengguna yang telah ditentukan sebelumnya, misalnya langkah-langkah penyelesaian masalah, pertanyaan, jawaban, tombol lanjut dan lain-lain.
2.    Manipulasi, meliputi perubahan secara real time atau transformasi informasi sebagai tanggapan atas tindakan pengguana, tingkat manipusi menyediakan tanggapan yang fleksibel dengan bervariasi.
3.    Adaptasi, meliputi tanggapan yang disesuaikan dengan kebiasaan pengguna sebelumnya, secara dinamis menyesuaikan pilihan tugas pembelajaran, prosedur dan format instruksional berdasarkan informasdi tentang tindakan dan kebiasaan pengguna sebelumnya secara online.
4.    Komunikasi, diwujudkan dengan lingkungan pembelajaran online dinamis yang fleksibel, tanggapan terhadap tindakan pengguna tidak ditentukan sebelumnya.

· -        Model Multimedia Interaktif
1.    Model tutorial merupakan model yang memuat penjelasan, rumus, prinsip, bagan, table, definisi istilah, latihan dan percabangan yang sesuai. Tujuan dari model tutorial untuk memberikan informasi, mengevaluasi/pertanyaan-pertanyaan dan adanya umpan balik sesuai dengan keinginan pengguna.
2.    Model drill and practice merupakan model yang tidak memuat materi tetapi langsung pada berlatih dan praktik sesuai dengan teori yang diperoleh sebelumnya. Fungsi utama untuk memberikan latian dan praktik sebanyak mungkin terhadap kemampuan pengguna.
3.    Model simulasi merupakan model yang disesuaikan dengan kenyataan yang sebenarnya dihadapi oleh pengguna dengan tujuan untuk memperoleh pengertian global tentang proses. Simulasi digunakan untuk memperagakan sesuai dengan aslinya.
4.      Model instructional games, merupakan model yang berisi tentang tata cara suatu prosedur menjalankan proyek multimedia interaktif. Manfaat model ini adalah untuk meningkatkan kemampuan memahami suatu prosedur. Seperti halnya simulasi, game pembelajaran dan lain-lain.
5.      Model hybrid merupakan gabungan dari dua atau lebih model multimedia interaktif. Tujuan model ini adalah memperkaya kegiatan pengguna dalam memahami informasi atau pengetahuan yang disampaikan pada multimedia interaktif.
6.      Model socratic merupakan model yang berisi percakapan atau dialog antara pengguna dengan computer dalam natural language.
7.      Model inquiry merupakan suatu system sebagai pangkalan data dan dapat dikonsultasikan dengan pengguna, pangkalan data berisi data yang dapat memperkaya pengetahuan pengguna.
8.      Model informational menyajikan informasi dalam bentuk data daftar atau table. Informational sangat dibutuhkan sebagai sumber informasi yang menuntut interaksi sedikit dari pengguna.
C. Website Multimedia Interaktif
Konsep multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif adalah memahami pemanfaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks, gambar, suara, video dan animasi sengan menggabungkan perangkat-perangkat tertentu yang dapat memungkinkan pengguna melakukan navigasi, berinteraksi, dan berkomunikasi baik berbasis halaman web maupun media interaktif.
Interaksi adalah suatu fitur yang menonjol dalam multimedia yang memungkinkan pembelajaran yang aktif (active learning). Pembelajaran yang aktif tidak saja memungkinkan pengguna melihat atau mendengar (see and hear) tetapi juga melakukan sesuatu (do). Dalam konteks multimedia do dapat berupa memberikan respon terhadap pertanyaan yang diajukan komputer atau aktif dalam simulasi yang disediakan computer.
·         Keuntungan dan kerugian menggunakan web berbasis multimedia
Ø  Keuntungan
1.      Dapat mengatasi berbagai gaya belajar
2.      Belajar dengan system visual
3.      Belajar secara auditori
4.      Kinestetik peserta didik
5.      Bahan lebih menarik dan menyenangkan
6.      Banyak ide-ide lebih mudah untuk menyampaikan
Ø  Kekurangan
1.      Waktu dan biaya pengembangan
2.      Kompatibilitas dan waktu download untuk multimedia berbasis web

 Sebenarnya World Wide Web pada awal diluncurkan pada tahun 1989 didesain bukan untuk multimedia tetapi untuk pengiriman dokumen berformat HTML dengan menambahkan gambar dan ilustrasi garis. Pada tahap awal teks dan gambar merupakan penyusun utama sebuah World Wide Web dan dengan adanya tambahan interaktifitasnya. Awal interaktifitas dari sebuah web hanya sekedar link atau menghubungkan ke web lain tetapi perkembangan sekarang ini interaktifitas web lebih dari sebuah link. Web mampu menyajikan pengolahan proses data yang kompleks.
Dengan perkembangan smartphone, banyaknya aplikasi yang dibuat dengan berbasis HTML 5 merupakan suatu perkembangan yang luar biasa pesat. Aplikasi multimedia interaktif berbasis HTML 5 memiliki kelebihan yang luar biasa antara lain:
1.      Lebih mudah dikembangkan karena bahasa pemrograman banyak dipakai oleh sebagian besar pengembang software.
2.      Mudah di update karena hanya dilakukan diserver pusat maka setiap user akan mendapatkan update yang sama.
3.      Akses informasi lebih mudah karena setiap user dapat mengakses informasi dengan internet dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun.
4.      Lebih murah dan lebih power full karena aplikasi dapat digunakan pada semua perangkat yang sudah menyertakan browser.
5.      Happy platform karena aplikasi ini bisa diakses menggunakan perangkat berbasis windows, linux, iOS, mac OS, Blackberry, Android dan lainnya.
6.      Bisa digunakan secara offline, walaupun sebagian besar aplikasi web diakses dengan internet tapi bisa dijalankan secara offline.









Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB II : DESAIN PERANCANGAN ALUR UNTUK MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS HALAMAN WEB DAN MEDIA INTERAKTIF