BAB I : Konsep Multimedia Interaktif Barbasis Halaman Web dan Media Interaktif
A. Definisi
Multimedia Interaktif
Multimedia Interaktif adalah penggabungan antara teks, foto,
seni grafis, suara, animasi dan video serta memungkinkan pengguna untuk
berinteraaksi dan berkomunikasi dengan produk multimedia. Bagian input, proses
dan output dari produk multimedia interaktif tersebut adalah bagian yang perlu
dipahami sebelum menjalankannya.
Proyek multimedia merupakan perangkat lunak yang berisi
informasi, pengetahuan dan hasil yang ditampilkan dilayar komputer. Sedangkan
proyek dapat diedarkan kepada konsumen biasanya dalam bentuk CD atau melalui
internet.
Multimedia interaktif dalam bisnis, aplikasi bisnis yang
menerapkan multimedia interaktif adalah presentasi, demo produk, data base,
katalog dan pemasaran. Multimedia interaktif dalam bidang pendidikan antara
lain presentasi, simulasi pembelajaran, CD pembelajaran dan pembelajaran
interaktif. Multimedia interaktif dalam bidang rumah tangga antara lain
tutorial memasak, mendesain rumah dan pemodelan ulang. Sedangkan multimedia
interaktif di tempat umum contohnya informasi yang diletakkan di hotel, stasiun
dan mall perbelanjaan.
B. Konsep
Dasar Multimedia Interaktif
Produk multimedia
berdasarkan karakteristiknya dibagi menjadi dua kategori yaitu multimedia
linier dan multimedia interaktif/non linier. Multimedia Linier adalah produk
multimedia yang dimulai dari awal menuju akhir dengan sedikit atau tanpa
interaksi dengan pengguna. Sedangkan multimedia interaktif/non linier adanya
control dengan pengguna.
Multimedia interaktif
adalah adanya pengguna yang bisa berinteraksi dan berkomunikasi dengan system
secara baik. Proyek multimedia interaktif menggabungkan antara komponen-komponen
multimedia dengan bahasa pemograman sehingga hasil yang didapat dapat
berinteraksi dengan pengguna.
· Level
interaktivitas dalam pembelajaran berbasis computer
1. Umpan balik, merupakan tingkat interaktif yang paling rendah, berkaitan
dengan tersedianya umpan balik terhadap tindakan pengguna yang telah ditentukan
sebelumnya, misalnya langkah-langkah penyelesaian masalah, pertanyaan, jawaban,
tombol lanjut dan lain-lain.
2.
Manipulasi, meliputi perubahan secara real time atau transformasi
informasi sebagai tanggapan atas tindakan pengguana, tingkat manipusi
menyediakan tanggapan yang fleksibel dengan bervariasi.
3.
Adaptasi, meliputi tanggapan yang disesuaikan dengan kebiasaan pengguna
sebelumnya, secara dinamis menyesuaikan pilihan tugas pembelajaran, prosedur
dan format instruksional berdasarkan informasdi tentang tindakan dan kebiasaan
pengguna sebelumnya secara online.
4.
Komunikasi, diwujudkan dengan lingkungan pembelajaran online dinamis yang
fleksibel, tanggapan terhadap tindakan pengguna tidak ditentukan sebelumnya.
· - Model
Multimedia Interaktif
1.
Model tutorial
merupakan model yang memuat penjelasan, rumus, prinsip, bagan, table, definisi
istilah, latihan dan percabangan yang sesuai. Tujuan dari model tutorial untuk
memberikan informasi, mengevaluasi/pertanyaan-pertanyaan dan adanya umpan balik
sesuai dengan keinginan pengguna.
2.
Model drill and
practice merupakan model yang tidak memuat materi tetapi langsung pada berlatih
dan praktik sesuai dengan teori yang diperoleh sebelumnya. Fungsi utama untuk
memberikan latian dan praktik sebanyak mungkin terhadap kemampuan pengguna.
3.
Model simulasi
merupakan model yang disesuaikan dengan kenyataan yang sebenarnya dihadapi oleh
pengguna dengan tujuan untuk memperoleh pengertian global tentang proses.
Simulasi digunakan untuk memperagakan sesuai dengan aslinya.
4. Model instructional games, merupakan model
yang berisi tentang tata cara suatu prosedur menjalankan proyek multimedia
interaktif. Manfaat model ini adalah untuk meningkatkan kemampuan memahami
suatu prosedur. Seperti halnya simulasi, game pembelajaran dan lain-lain.
5. Model hybrid merupakan gabungan dari dua atau
lebih model multimedia interaktif. Tujuan model ini adalah memperkaya kegiatan
pengguna dalam memahami informasi atau pengetahuan yang disampaikan pada
multimedia interaktif.
6. Model socratic merupakan model yang berisi
percakapan atau dialog antara pengguna dengan computer dalam natural language.
7. Model inquiry merupakan suatu system sebagai
pangkalan data dan dapat dikonsultasikan dengan pengguna, pangkalan data berisi
data yang dapat memperkaya pengetahuan pengguna.
8. Model informational menyajikan informasi dalam
bentuk data daftar atau table. Informational sangat dibutuhkan sebagai sumber
informasi yang menuntut interaksi sedikit dari pengguna.
C. Website Multimedia Interaktif
Konsep multimedia
interaktif berbasis halaman web dan media interaktif adalah memahami pemanfaatan
computer untuk membuat dan menggabungkan teks, gambar, suara, video dan animasi
sengan menggabungkan perangkat-perangkat tertentu yang dapat memungkinkan
pengguna melakukan navigasi, berinteraksi, dan berkomunikasi baik berbasis
halaman web maupun media interaktif.
Interaksi adalah suatu
fitur yang menonjol dalam multimedia yang memungkinkan pembelajaran yang aktif (active
learning). Pembelajaran yang aktif tidak saja memungkinkan pengguna melihat
atau mendengar (see and hear) tetapi juga melakukan sesuatu (do). Dalam konteks
multimedia do dapat berupa memberikan respon terhadap pertanyaan yang diajukan
komputer atau aktif dalam simulasi yang disediakan computer.
·
Keuntungan dan kerugian menggunakan web
berbasis multimedia
Ø Keuntungan
1. Dapat mengatasi berbagai gaya belajar
2. Belajar dengan system visual
3. Belajar secara auditori
4. Kinestetik peserta didik
5. Bahan lebih menarik dan menyenangkan
6. Banyak ide-ide lebih mudah untuk menyampaikan
Ø Kekurangan
1. Waktu dan biaya pengembangan
2. Kompatibilitas dan waktu download untuk
multimedia berbasis web
Sebenarnya World Wide Web pada awal
diluncurkan pada tahun 1989 didesain bukan untuk multimedia tetapi untuk pengiriman
dokumen berformat HTML dengan menambahkan gambar dan ilustrasi garis. Pada
tahap awal teks dan gambar merupakan penyusun utama sebuah World Wide Web dan dengan
adanya tambahan interaktifitasnya. Awal interaktifitas dari sebuah web hanya
sekedar link atau menghubungkan ke web lain tetapi perkembangan sekarang ini interaktifitas
web lebih dari sebuah link. Web mampu menyajikan pengolahan proses data yang
kompleks.
Dengan perkembangan
smartphone, banyaknya aplikasi yang dibuat dengan berbasis HTML 5 merupakan
suatu perkembangan yang luar biasa pesat. Aplikasi multimedia interaktif
berbasis HTML 5 memiliki kelebihan yang luar biasa antara lain:
1. Lebih
mudah dikembangkan karena bahasa pemrograman
banyak dipakai oleh sebagian besar pengembang software.
2. Mudah
di update karena hanya
dilakukan diserver pusat maka setiap user akan mendapatkan update yang sama.
3. Akses
informasi lebih mudah karena setiap user
dapat mengakses informasi dengan internet dan dapat diakses dimanapun dan
kapanpun.
4. Lebih
murah dan lebih power full
karena aplikasi dapat digunakan pada semua perangkat yang sudah menyertakan
browser.
5. Happy
platform karena aplikasi ini
bisa diakses menggunakan perangkat berbasis windows, linux, iOS, mac OS,
Blackberry, Android dan lainnya.
6. Bisa
digunakan secara offline,
walaupun sebagian besar aplikasi web diakses dengan internet tapi bisa dijalankan
secara offline.
Komentar
Posting Komentar